4 Cara Mencegah Muncul Jerawat Saat Memakai Masker

  • Whatsapp
4-Cara-Mencegah-Muncul-Jerawat-Saat-Memakai-Masker
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Seiring dengan terus merebaknya virus corona atau Covid-19 ke berbagai tempat dan penjuru di dunia termasuk Indonesia, kini seluruh masyarakat harus mengikuti anjuran kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan juga WHO sebagai badan kesehatan dunia. Salah satu anjuran tersebut adalah dengan selalu menggunakan masker kain saat Anda berada di luar rumah atau ketika bertemu dengan orang-orang di fasilitas-fasilitas umum.

Mencegah Muncul Jerawat Saat Memakai Masker

Namun bagi para wanita, kewajiban menggunakan masker sepanjang waktu ini seringkali menimbulkan masalah baru, misalnya munculnya jerawat pada kulit muka, padahal selama ini Anda sudah melakukan berbagai perawatan untuk mencegah jerawat. Agar Anda tetap terhindar dari masalah jerawat dan bisa tetap menjaga kesehatan dengan memakai masker, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut.

Read More

1. Sering-sering mengganti masker

Masker yang Anda kenakan sepanjang hari akan menjadi sarang kuman atau bakteri yang akan menimbulkan jerawat pada kulit wajah Anda. Maka, agar Anda tetap terhindar dari jerawat dan wajah Anda bisa tetap bersih, seringlah untuk mengganti masker Anda terutama jika melakukan berbagai kegiatan yang membuat masker bisa lebih cepat kotor.

Jika Anda harus berada di luar rumah sepanjang hari, bawalah satu atau dua masker cadangan di tas. Dengan begitu Anda bisa langsung mengganti masker tersebut ketika masker sudah kotor sementara Anda belum pulang ke rumah.

2. Mencuci masker dengan benar

Salah satu kelebihan masker kain adalah bahannya yang bisa dicuci dan kemudian dipakai kembali. Namun, teknik pencucian yang salah tidak akan membuat masker tersebut benar-benar bersih sehingga bisa menimbulkan masalah pada kulit wajah seperti jerawat.

Maka, setelah masker tersebut selesai Anda gunakan, pastikan Anda langsung mencucinya dengan cara yang tepat. Rendam dan cucilah masker tersebut dengan air hangat agar bakteri dan kuman bisa hilang, serta gunakan detergen agar masker bisa benar benar bersih. Kemudian jemur masker di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.

3. Memberi lapisan tissue

Jika Anda tidak memungkinkan untuk membawa masker cadangan terlalu banyak sementara kegiatan Anda membuat masker yang digunakan lebih cepat kotor, cara lain yang bisa Anda gunakan ialah dengan memberi filter tisu pada masker Anda. Maka, siapkanlah tissue kering agar Anda bisa mengganti filter tissue tersebut selama beberapa jam sekali untuk tetap menjaga kebersihan masker yang Anda gunakan.

Selain membuat masker lebih steril sehingga mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah Anda, menggunakan filter tissue seperti ini juga menjadi salah satu cara untuk memberi proteksi lebih agar masker bisa lebih efektif mencegah virus.

4. Menggunakan masker tanpa make-up

Make-up memang seolah sudah menjadi sesuatu yang wajib bagi para wanita. Namun di tengah wabah dan anjuran untuk selalu mengenakan masker seperti saat ini, ada baiknya Anda mengurangi terlebih dahulu penggunaan make-up Anda.

Selain tidak efektif karena sebagian wajah Anda akan tertutupi masker, menggunakan make-up juga bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat karena bahan kimia pada kosmetik yang bercampur dengan kotoran dari masker akan membuat bakteri pemicu jerawat muncul. Jadi, ada baiknya Anda tidak perlu menggunakan make-up terlebih dahulu saat hendak memakai masker dan pergi keluar rumah.

Itulah beberapa cara agar Anda terhindar dari jerawat saat harus menggunakan masker kain sepanjang hari dan saat Anda pergi kemanapun di masa wabah ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *