4 Kiat dalam Memilih Gendongan Bayi yang Tepat

  • Whatsapp
4-Kiat-dalam-Memilih-Gendongan-Bayi-yang-Tepat
Foto dari Canva Pro

Ketika penat melanda, salah satu cara yang bisa dipilih untuk mengatasinya adalah dengan pergi berlibur atau hang out. Namun, liburan dengan mengajak si kecil yang masih bayi tidaklah mudah. Dibutuhkan persiapan ekstra dan perlengkapan yang tak sedikit. Termasuk di dalamnya, Anda wajib membawa gendongan bayi agar nantinya bisa lebih leluasa ketika menggendong si kecil.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan banyak hal ketika memutuskan berlibur dengan mengajak si kecil. Memilih destinasi wisata pun perlu disesuaikan dengan keamanan dan kenyamanan anak.

Read More

Memilih Gendongan untuk Bayi

Perihal gendongan, Anda juga harus memastikan bahwa gendongan tersebut sudah memenuhi standar keamanan. Tapi tidak dipungkiri jika memilih gendongan juga tidak mudah, apalagi banyak sekali pilihan gendongan yang ada. Nah, untuk Anda yang ingin membeli gendongan, berikut hal-hal yang bisa Anda terapkan.

1. Sesuaikan dengan usia

Terdapat beberapa jenis gendongan yang akan Anda temukan di pasaran. Setiap jenisnya sudah dibuat sedemikian rupa dan disesuaikan dengan usia si kecil. Oleh karena itu, saat memilih gendongan, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung kepada penjualnya. Tanyakan apakah ada gendongan yang sesuai dengan usia bayi Anda.

Hindari memilih gendongan hanya karena warna dan motifnya yang lucu tanpa memperhatikan apakah gendongan tersebut memang diperuntukkan untuk seusia bayi Anda atau tidak.

2. Tipe gendongan

Biasanya, toko-toko perlengkapan bayi akan memberikan dua pilihan tipe gendongan. Yakni kain gendongan dan Mei Tai. Sebagai orang Indonesia, tentu Anda sudah sangat familiar dengan kain gendongan ini. Kain gendongan ini cara pakainya adalah dengan melilitkannya pada bahu. Tipe gendongan ini bisa dibilang sulit diaplikasikan, terlebih bagi ibu muda.

Jika menginginkan gendongan bayi yang lebih praktis, Anda bisa memilih gendongan tipe Mei Tai. Pengaplikasian gendongan ini lebih simpel dan bisa dibilang lebih aman dibandingkan kain gendongan. Gendongan Mei Tai juga dikenal sebagai gendongan Kangguru.

3. Bahan gendongan

Hal lain yang tak kalah penting adalah mengenai bahan gendongan tersebut. Ya, Anda disarankan untuk memilih gendongan yang bahannya nyaman dan aman untuk si kecil. Selain itu, memilih gendongan yang bahannya mudah dibersihkan juga akan memudahkan Anda dalam merawatnya.

4. Kenyamanan

Dalam hal ini, Anda tidak hanya cukup memilih gendongan yang akan membuat si kecil merasa nyaman saat digendong. Anda juga perlu mempertimbangkan kenyamanan Anda saat menggendongnya. Jadi, saat memilih gendongan, tidak ada salahnya Anda mencobanya terlebih dulu.

Memilih gendongan yang memberikan kenyamanan bagi Anda dan si kecil adalah keharusan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan manfaat dari adanya gendongan tersebut, yakni kemudahan dan kepraktisan dalam menggendong anak.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih gendongan untuk bayi. Selain hal-hal di atas, Anda juga harus membekali diri dengan kemampuan menggendong yang tepat. Jangan asal menggendong si kecil, ya. Anda juga perlu melatih diri untuk menggendong bayi, memperhatikan bagaimana posisi bayi saat digendong, dan pastinya, jangan menggendong bayi dengan gendongan yang terlalu ketat agar bayi tetap nyaman berada dalam gendongan Anda.

Bayi masih sangat sensitif, tulang si kecil juga masih rentan. Itulah mengapa perlu ketelitian ketika memilih gendongan bayi. Jika masih bingung, Anda bisa meminta rekomendasi dari keluarga atau teman yang lebih berpengalaman. Menjadi ibu mudah memang menjadi tantangan tersendiri, sebab Anda harus rajin mencari referensi dan informasi agar bisa memberikan yang terbaik untuk buah hati tercinta.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *