4 Tips Hemat Beli Perlengkapan Bayi

  • Whatsapp
4-Tips-Hemat-Beli-Perlengkapan-Bayi
Foto dari Canva Pro

Menyenangkan memang mengetahui beberapa saat lagi bayi yang dikandung selama 9 bulan akan segera lahir ke dunia. Di saat itu, para calon orang tua sudah mulai membuat daftar apa saja kebutuhan bayi yang harus dibeli. Namun, keinginan akan belanja tersebut juga harus dikontrol agar tidak berlebihan. Berikut ini adalah beberapa tips beli perlengkapan bayi dengan hemat dan tepat yang bisa Anda coba.

Tips Hemat Membeli Perlengkapan Bayi

1. Membuat daftar kebutuhan

Hal pertama dan yang paling utama harus dilakukan adalah membuat daftar sedetail-detailnya akan kebutuhan pasca melahirkan. Tidak hanya itu, Anda juga harus bisa memperkirakan sampai beberapa waktu ke depan. Sebagai contoh, berapa kali Anda akan mencuci pakaian. Hal ini akan berpengaruh terhadap jumlah baju yang sebaiknya dibeli agar tetap bisa digunakan setiap hari secara bergiliran.

Read More

Kejadian-kejadian tak terduga seperti bayi yang mengompol juga harus dipertimbangkan. Saat membeli botol susu, pikirkan berapa lama Anda akan mensterilkan setiap hari. Semakin banyak botol yang dibeli, semakin tidak repot pula Anda untuk mensterilkan setiap hari. Namun, sekali lagi, budget harus benar-benar tetap diperhatikan dengan baik.

2. Membuat daftar belanja

Setelah daftar kebutuhan sudah dibuat dengan teliti dan detail, hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah mulai membuat daftar belanjaan. Buatlah dengan rinci dan lakukan survei berapa harga setiap item. Setelah itu, jumlahkan harga semua kebutuhan tersebut dan cocokkan dengan budget yang Anda miliki. Jika terasa terlalu besar, maka Anda bisa mengurangi kebutuhan yang tidak terlalu penting atau mengurangi jumlah yang hendak dibeli.

3. Membeli grosir

Cara ini sebenarnya juga bisa diaplikasikan ketika Anda ingin membeli kebutuhan sehari-hari, yakni dengan membelinya grosir atau dalam jumlah besar. Dengan cara ini, biasanya Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah. Terapkan cara ini untuk perlengkapan yang berlaku jangka panjang seperti sabun, tisu bayi, sampo, kaus kaki, sarung tangan, dan diaper. Ketika Anda sudah membuat daftar dengan tepat, hal ini tidak akan sulit.

4. Membeli baju dengan ukuran lebih besar

Terakhir, ketika hendak membeli baju, Anda bisa memilih baju dengan ukuran satu nomor lebih besar. Membeli baju dengan ukuran pas mungkin hanya akan muat digunakan sekitar 1 atau 2 bulan saja. Namun, jika Anda membeli satu nomor lebih besar, ini akan sedikit memperpanjang masa pakai baju tersebut sehingga bisa menghemat pengeluaran Anda. Pengeluaran ini bisa Anda alokasikan untuk keperluan lainnya.

Selain cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan diskon dan promo yang diberikan oleh toko. Biasanya promo ini sering ditemui ketika Anda berbelanja online seperti di Orami. Anda bisa rutin mengecek www.orami.co.id untuk membeli berbagai perlengkapan bayi dan siapa tahu saat itu sedang ada promo atau diskon. Manfaatkan hal tersebut dengan sebaik-baiknya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *