5 Tips Ampuh Penuhi Kebutuhan Kalori Harian Saat Berpuasa

5-Tips-Ampuh-Penuhi-Kebutuhan-Kalori-Harian-Saat-Berpuasa
Foto dari Canva

Asupan nutrisi setiap orang berbeda sesuai dengan kondisi fisik masing-masing. Pada orang yang aktif melakukan kegiatan fisik secara rutin, maka ia butuh kalori yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang jarang beraktivitas berat. Tentu Anda harus mengatur pola makan lebih baik guna mendukung kebutuhan kalori terpenuhi agar berat badan tetap ideal. Namun, bagaimana cara memenuhi kebutuhan kalori harian orang yang tengah menjalani puasa?

Hal Penting Memenuhi Kebutuhan Kalori Harian Saat Puasa

Pada anak-anak dan lansia, kebutuhan kalori lebih rendah dari orang dewasa rata-rata. Anda yang tetap menjalani pekerjaan saat berpuasa, harus tahu cara memenuhi kebutuhan kalori harian tersebut. Pasalnya, orang yang kekurangan asupan kalori sesuai dengan jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, usia, dan aktivitas yang dilakoni, maka ia berisiko alami kelelahan dan penurunan berat badan. Begitu pula orang yang terlalu banyak mendapatkan dibandingkan kebutuhan harian, maka ia bisa alami peningkatan berat badan signifikan.

Read More

Guna mencegah tubuh lelah atau kurang produktif saat menjalankan ibadah puasa, sebaiknya Anda tahu cara memenuhi kebutuhan kalori harian saat puasa berikut :

1. Mengatur menu makan

Orang dewasa butuh kalori rata-rata 2.100 kkal setiap hari, kecuali laki-laki yang memiliki massa otot lebih besar dengan aktivitas fisik yang padat. Anda bisa mendapatkan asupan kalori dari kebutuhan tersebut dengan mengkonsumsi nasi, kentang atau oatmeal 3-8 porsi, sayuran sebanyak 3-5 porsi, buah 2-3 porsi serta protein hewani 2-3 porsi. Bila menambahkan segelas susu setiap hari, maka Anda bisa mendapatkan setidaknya 150-250 kalori.

2. Batasi konsumsi gula, minyak dan garam

Tidak hanya saat berpuasa saja, Anda harus membatasi asupan gula cukup empat sendok teh per hari, sedangkan minyak dan garam hanya satu sendok teh masing-masing.

3. Membuka konsumsi kalori saat buka hingga sahur

Anda bisa berbuka puasa dengan minuman manis atau buah kurma beberapa butir saja untuk memenuhi kalori yang hilang selama berpuasa. Bila ingin tubuh lebih sehat, bisa makan takjil saat buka dan melanjutkan makan besar setelah ibadah tarawih dengan menu lengkap. Hindari makan terlalu banyak sebelum tarawih sebab Anda bisa saja mengantuk karena efek kekenyangan tersebut.

4. Minum segelas susu sebelum tidur

Sebelum Anda pergi tidur malam, usahakan memenuhi kebutuhan kalori dengan segelas susu sesuai usia atau beberapa potong buah. Jangan lupa untuk minum setidaknya 1-2 gelas air putih guna mencukupi kebutuhan cairan meski Anda tengah berpuasa, ya! Kebutuhan cairan harus tetap terpenuhi dengan mengatur jadwal minum air putih 8 gelas sehari yaitu saat berbuka, sebelum tidur, dan sahur.

5. Asupan menu makan saat sahur

Pada menu makan sahur, Anda harus mengkonsumsiĀ  makanan dan menambahkan menu selingan seperti buah-buahan atau kue. Hindari tidak makan sahur sebab sahur merupakan sunnah sekaligus menjadi energi yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa. Anda tetap bisa beraktivitas meski tengah berpuasa tanpa merasa mudah lelah, lemas atau kurang produktif lain.

Beberapa poin penting dalam menjaga kebutuhan kalori harian saat berpuasa bisa menjadi referensi Anda yang ingin hidup lebih sehat. Sesuaikan saja menu makanan yang dibutuhkan sesuai kebutuhan kalori setiap orang di rumah Anda. Misalnya Anda merawat lansia yang juga berpuasa, maka penuhi kebutuhan kalori harian mereka dari makanan yang disajikan saat buka dan sahur. Hal yang sama berlaku untuk Anda yang ingin anak-anak tetap memiliki kebutuhan kalori yang terpenuhi selama menjalankan ibadah puasa tahun ini, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.