Apa Saja yang Mungkin Jadi Penyebab Mobil Overheat?

  • Whatsapp
Apa-Saja-yang-Mungkin-Jadi-Penyebab-Mobil-Overheat
Foto dari flickr

Yah, seperti yang kita tahu bahwa mobil merupakan salah satu perpanjangan kaki kita dalam memotong jarak. Kondisi mobil haruslah tetap kita jaga jangan sampai kurang prima ataupun bermasalah. Tapi ada saja masalah yang sering mengganggu salah satunya adalah overheat.

Hal-Hal Penyebab Mobil Overheat

Apa-apa saja yang over pasti tidak baik. Begitu pula dengan overheat pada mobil. Memangnya apa saja penyebab mobil overheat? Mari kita cari tahu.

1. Radiator Tersumbat Kotoran atau Rusak

Komponen utama dalam pendingin mesin mobil sudah jelas adalah radiator. Apabila radiator tidak bekerja dengan baik, maka yang terjadi adalah panas dari mesin yang terus meningkat tanpa didasari alasan yang jelas.

Radiator merupakan pendingin dengan menggunakan air, jadi apabila tersumbat sudah jelas airnya tidak akan mengalir dan membuat suhu dalam mesin meningkat.

Peningkatan suhu ini diakibatkan oleh pembakaran bahan bakar untuk menyalakan mesin mobil. Sebenarnya tidak hanya tersumbat, air pada radiator kering pun dapat menjadi masalah yang serius apabila tidak hiraukan. Salah satu cara yang mungkin dapat menghindarinya adalah dengan radiator check setiap kali kita akan bepergian.

2. Penggunaan Oli Kualitas Rendah

Apa pentingnya oli? Itulah pertanyaan yang masih menjadi dasar terciptanya panas yang berlebihan. Oli digunakan untuk mendinginkan bagian dalam mesin dan juga mengurangi gesekan pada mesin. Alangkah malangnya si mesin apabila pemiliknya hanya menggunakan oli kualitas rendah yang tidak dapat melindungi piston dari gesekan berlebihan.

Tidak hanya dari hasil pembakaran, gesekan ini juga menimbulkan panas yang tidak main-main. Dengan oli yang berkualitas, gesekan pada mesin akan di-press dan Oli dapat juga mendinginkan hasil pembakaran karena konsistensinya. Maka dari itu, sudah sangat bisa dipastikan bahwa oli memegang peran penting pada tingkat panas mesin.

3. Air Radiator Tak Berkualitas

Pemilihan air radiator yang baik tentu akan membuat radiator yang kita miliki jauh lebih bersih. Efek dari bersihnya radiator adalah aliran udara semakin lancar proses pendinginan semakin bisa dilakukan secara lebih maksimal. Hal yang perlu kita perhatikan dari pemilihan air radiator adalah konsistensinya.

Jika konsistensinya tepat dan tidak terlalu kental, itu akan membuat pendinginan air akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan konsistensinya yang terlalu encer ataupun terlalu kental. Jika terlalu encer, proses pendinginannya akan gagal karena airnya menguap. Jika konsistensinya terlalu kental juga pendinginannya akan memakan waktu yang sangat lama.

4. Kerusakan Pada Water Pump

Satu lagi yang perlu kita perhatikan dari panas mesin yakni water pump. Pompa air dan juga panas dari mesin punya keterkaitan yang erat. Pompa air di sini berfungsi untuk memompa air dari wadah air ke dalam radiator. Hal yang sering terjadi adalah sebuah kerusakan pada radiator yang kita pikir itu dikarenakan memang radiatornya yang rusak, padahal itu adalah pompa air.

Air yang tidak terpompa ke dalam radiator membuat radiatornya kering dan juga tidak menjalankan fungsinya. Dari situlah kemudian radiator menjadi panas suhu dalam kap mesin naik terus hingga membuat mesinnya overheat. Itulah yang mungkin bisa menjadi penyebab penyebab mobil overheat, cara mengatasinya yakni dengan cek sebelum kita menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *