Ini Dia 5 Tanda Menstruasi Pertama Akan Tiba

  • Whatsapp
Ini-Dia-5-Tanda-Menstruasi-Pertama-Akan-Tiba
Foto dari Canva Pro

Bagi perempuan, ada kondisi yang membuat hati berdebar ketika menginjak usia remaja. Ya, mengalami menstruasi untuk pertama kali tentunya akan menjadi peristiwa tidak akan terlupa, sekaligus menjadi pembelajaran. Tanda-tanda menstruasi pertama sendiri bisa dirasakan dan coba dipahami agar ketika datang peristiwa tersebut tidak membuat panik. Biasanya setiap perempuan bisa merasakan ada hal yang berbeda dalam tubuhnya.

Mengenal Tanda Tanda Menstruasi Pertama

Terkadang memang ada juga sebagian perempuan yang tidak mampu memahami tanda-tanda di bawah ini dan merasa kaget ketika harus alami menstruasi untuk pertama kali. Tetapi Anda bisa coba pelajari apa saja yang bisa dirasakan ketika menstruasi pertama datang.

Read More

1. Mood yang Tidak Stabil

Tanda yang bisa dirasakan adalah ketika tiba-tiba merasakan mood swing (pergantian mood secara mendadak dan signifikan). Mood yang terasa buruk dan bisa membuat Anda jadi lebih sering marah tanpa alasan jelas, hingga merasa sedih merupakan satu gejala dari PMS atau Pre Menstruasi Syndrome.

Bagi sebagian perempuan, ketidakstabilan mood ini terasa sangat mengganggu, hingga mengganggu tingkat produktivitas sehari-hari. Tingkat terparah pada PMS adalah ketika mengalami gejala depresi dan bulimia.

2. Keluar Cairan dari Vagina

Mengalami keputihan yang berupa keluarnya cairan berwarna being maupun putih kekuningan dari vagina juga jadi tanda lain Anda akan segera merasakan menstruasi untuk pertama kalinya. Produksi cairan berlebih ini bisa difaktori berbagai hal, termasuk ketika organ reproduksi sudah mulai aktif dan menandakan tubuh Anda mengalami perubahan atau perkembangan hormon.

3. Payudara yang Mulai Membesar dan Mengencang

Tanda lainnya adalah pada bagian payudara yang mulai membesar dan terasa mengencang. Payudara yang mengencang hingga terasa nyeri ini bisa dirasakan setiap akan mengalami menstruasi. Biasanya nyeri yang ditimbulkan tidak begitu mengganggu. Bagian puting payudara pun akan timbul lebih bulat dan keras.

4. Munculnya Bulu di Area Kemaluan

Pertanda akan alami menstruasi berikutnya adalah kemunculan bulu halus di area kemaluan. Kemunculan ini tentu tidak mendadak dan terjadi perlahan, hingga saatnya tubuh Anda tiba pada masa peremajaan. Sebenarnya muncul bulu sebagai tanda Anda sudah menginjak usia remaja diikuti pertumbuhan bulu pada area lain di bagian-bagian tubuh. Seperti pada area ketiak, kaki, dan tangan.

5. Merasakan Nyeri dan Pegal

Nyeri pada gejala PMS ketika menstruasi datang ini bisa dirasakan di bagian tubuh lain, di area perut bawah, area punggung, hingga alami pembengkakan pada jari tangan dan kaki. Nyeri yang muncul terasa tanpa sebab pasti dengan intensitas sedang.

Bila nyeri yang dirasa terlalu mengganggu, hingga membuat Anda kesulitan beraktivitas, Anda bisa konsumsi obat pereda nyeri yang mudah dibeli di apotek. Namun bila nyeri tidak juga mereda, segera temui dokter. Sebagian perempuan bisa merasakan nyeri yang sangat parah ketika menstruasi, sampai membuat kehilangan kesadaran (pingsan).

Menghadapi Menstruasi Pertama

Bagaimana cara menghadapi peristiwa menstruasi yang pertama? Utamanya Anda tidak perlu panik. Ingatlah bahwa menstruasi merupakan hal yang memang akan dialami perempuan dan bukan sesuatu yang memalukan. Cari informasi sebanyak-banyaknya seputar menstruasi bila Anda merasa membutuhkannya, contohnya bertanya pada teman atau keluarga yang sudah mengalaminya lebih dulu.

Pakailah pembalut berkualitas baik untuk mengatasi menstruasi. Tetap aktif bergerak bisa membantu menjaga tubuh Anda lebih sehat meski sedang menstruasi. Usahakan tenang ketika tanda tanda menstruasi pertama mendatangi Anda untuk hilangkan perasaan stress.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *