Kenali Penyakit Hipertiroid untuk Segara Diatasi

  • Whatsapp
Kenali-Penyakit-Hipertiroid-untuk-Segara-Diatasi
Foto dari Canva Photos Unlimited

Penyakit hipertiroid adalah penyakit yang disebabkan karena hormon tiroksin yang tinggi sehingga membuat keseimbangan metabolisme jadi terganggu. Hormon tiroksin adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid yang letaknya di bagian leher depan. Hormon tiroksin pada manusia normal berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh contohnya mengubah makanan menjadi energi. Kelebihan hormon tiroksin dinamakan hipermetabolik. Hipermetabolik memicu berbagai gangguan dalam tubuh.

Gejala yang Ditimbulkan Hipertiroid dan Cara Cepat Mengatasinya

1. Kesulitan tidur

Gejala dari hipertiroid yang paling mengganggu adalah kesulitan tidur. Mengapa bisa begitu? Karena hormon tiroksin berlebih mudah merangsang sistem saraf, sehingga detak jantung menjadi lebih cepat dan produksi keringat di malam hari lebih banyak. Kesulitan tidur merupakan gejala yang masih sangat umum, cara mengatasinya dengan melakukan rutinitas yang baik seperti tidak menggunakan smartphone disaat sudah akan tidur. Menghindari konsumsi bahan-bahan adiktif seperti rokok, kafein dan alkohol sebelum tidur. Menjaga pola tidur secara teratur pada jam yang sama setiap hari.

Read More

2. Gondok

Gondok sering kali diartikan sebagai penyakit yang diakibatkan kekurangan garam yodium, lebih dari itu sebenarnya gondok adalah kondisi dimana kelenjar tiroid mengalami pembengkakan. Jika muncul gondok sebaiknya segara konsultasi ke dokter untuk dilakukan tes darah supaya bisa terdeteksi apakah gondok tersebut berpotensi menjadi penyakit hipertiroid. Gondok dalam dunia medis bisa diatasi dengan melakukan terapi yodium radioaktif.

3. Ginekomastia

Ginokomastia adalah pembesaran kelenjar payudara pada tubuh pria yang disebabkan karena ketidakseimbangan hormon testosteron dan estrogen. Cara mengatasi gejala ginekomasti adalah dengan menghindari olahan makanan dari bahan kedelai, dikompres menggunakan air dingin dan mengkonsumsi obat pereda nyeri.

Masih banyak gejala lain yang ditimbulkan oleh hipertiroid seperti penurunan besar badan, rambut rontok, mual, mudah lelah, tremor, dan lainnya. Gejala penyakit hipertiroid tidak bisa didiamkan begitu saja, karena jika terus didiamkan akan semakin memperparah kondisi kesehatan tubuh. Gangguan yang akan dialami meliputi sistem kerja jantung terganggu, tulang menjadi cepat rapuh, gangguan penglihatan, jika sedang dalam masa mengandung bisa mengalami keguguran dan akan berdampak buruk pada kesehatan kulit.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *