Kesal dengan Masalah Internet Lemot Saat Hujan? Ini Dia Solusinya

Kesal-dengan-Masalah-Internet-Lemot-Saat-Hujan-Ini-Dia-Solusinya

Memasuki musim penghujan, sebagian besar masyarakat modern tentu pernah mengalami masalah internet lemot saat hujan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mulai beralih ke layanan Internet Service Provider Terbaik atau mencari cara-cara lain agar koneksi internet bisa lebih cepat.

Sebelum itu, apakah Anda sudah tahu hubungan antara hujan dengan koneksi internet lemot? Jika belum, Anda bisa sedikit memahami penyebab lambatnya koneksi internet setiap turun hujan pada penjelasan singkat berikut ini.

Read More

Penyebab Internet Lemot Saat Hujan

Adapun alasan-alasan yang membuat jaringan internet menjadi tidak lancar selama turun hujan antara lain:

1. Lalu Lintas Sinyal Terhalang Air Hujan

Air hujan yang jatuh dari langit akan mengganggu lalu lintas gelombang sinyal yang dipancarkan oleh BTS (Base Transceiver Station).

Saat hujan, gelombang sinyal dari BTS atau menara pemancar sinyal akan saling bertabrakan dengan air hujan sehingga membuat perjalanan sinyal menjadi tidak lancar.

Sama seperti jalanan yang macet, gelombang sinyal ini akan memerlukan waktu yang relatif lebih lama untuk bisa sampai ke perangkat ponsel maupun PC.

2. Hujan Angin Dapat Mengganggu Pancaran Sinyal

Faktor angin juga dapat memperparah masalah koneksi internet lemot saat hujan. Adanya angin ini akan membuat arah gelombang sinyal jadi berbelok dan menyebar ke berbagai arah.

Selain itu, angin yang kuat juga dapat menggeser antena pemancar pada BTS sehingga dapat mempengaruhi kekuatan pancaran gelombang sinyal.

Akibatnya, sinyal yang dipancarkan oleh BTS pun akan semakin melemah dan kecepatan jaringan internet pun jadi makin melambat.

Cara Mengatasi Masalah Internet Lemot Saat Hujan

Selain beralih ke provider layanan internet yang lebih baik, Anda juga bisa melakukan beberapa cara yang lain untuk mengatasi masalah internet lambat selama turun hujan yakni:

1. Bersihkan Cache

Sudahkah Anda familiar dengan istilah cache? Chace merupakan sejenis program yang dapat mempercepat pemrosesan informasi dalam suatu aplikasi maupun browser.

Namun, jika perangkat Anda terlalu banyak menyimpan file cache, maka kinerja perangkat akan jadi makin lambat dan kualitas internet pun juga ikut lemot. Oleh karena itu, Anda perlu sering-sering membersihkan cache dalam PC maupun ponsel secara rutin.

2. Blokir Iklan

Iklan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan lambatnya proses loading dalam penggunaan browser. Semakin banyak iklan yang bermunculan, semakin banyak pula data internet yang Anda perlukan dalam memuat satu halaman web.

Maka dari itu, Anda perlu memblokir iklan-iklan yang lewat dengan cara mengatur setting browser pada bagian iklan atau memasang ekstensi adblock pada browser yang digunakan.

3. Aktifkan Mode Lite

Aplikasi atau layanan produk digital versi lite (ringan) memang terkenal memiliki fitur-fitur layanan yang sangat terbatas. Namun, aplikasi ini dapat menghemat penggunaan data internet Anda sehingga beban jaringan pun bisa jadi lebih ringan.

Berdasarkan beberapa cara di atas, Anda bisa dengan mudah mengatasi masalah internet lemot saat hujan maupun pada saat kondisi-kondisi yang lainnya. Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.