Pengguna Vape Wajib Tahu, Berikut 3 Bahaya Rokok Elektrik

  • Whatsapp
Pengguna-Vape-Wajib-Tahu-Berikut-3-Bahaya-Rokok-Elektrik
Foto dari Canva Pro

Beberapa perokok mengatakan bahwa bahaya yang diakibatkan penggunaan rokok satu ini lebih ringan dibanding dengan rokok tembakau. Rokok elektrik atau yang biasa disebut vape memang tidak memiliki kandungn karbon monoksida dan tar, tetapi justru memiliki kandungan zat yang berbahaya seperti nikotin, akrolein, propanol, asetaldehida, formaldehida, diasetil yang hampir sama dengan rokok tembakau. Berikut simak bahaya rokok elektrik bagi tubuh.

Bahaya Vape Bagi Kesehatan Tubuh Anda

1. Menyebabkan Ketagihan

Dalam vape juga mengandung nikotin yang dapat menyebabkan ketergantungan bagi para penggunanya. Adanya kandungan nikotin ini akan merangsang otak untuk melepaskan hormone dopamine dalam jumlah banyak. Hal tersebut lah yang mengakibatkan efek ketagihan. Kandungan nikotin dalam vape hampir sama dengan rokok tembakau, jadi beralih ke vaping tidak akan membantu untuk berhenti merokok.

Read More

2. Membahayakan Paru-Paru Dan Jantung

Meskipun tidak menggunakan tembakau, vape tidak dapat dikatakan lebih baik dari rokok konvensional. Kandungan nikotin dan zat berbahaya lain yang terdapat dalam vape dapat meningkatkan resiko peradangan paru-paru serta mengakibatkan berkurangnya kemampuan jaringan pleura untuk melindungi organ paru-paru jika dihirup dalam jangka waktu lama.

Bahaya rokok elektrik selain berdampak buruk pada paru-paru juga akan mengganggu kesehatan jantung. Ketika nikotin terserap dan melalui aliran darah, maka akan merangsang kelenjar adrenal untuk melepaskan hormone epinefrin. Hal tersebut dapat menyebabkan denyut jantung dan tekanan darah pengguna vape atau rokok meningkat.

3. Meningkatkan Resiko Kanker

Sama halnya seperti rokok tembakau, vape juga berpotensi untuk meningkatkan resiko untuk terkena kanker. Adanya kandungan formaldehida yang terdapat dalam vape ini bersifat karsinogenik, sehingga bila dihirup dan dikonsumsi dalam jangka waktu lama akan memicu munculnya sel kanker. Yang lebih membahayakan lagi adalah bila cairan vape ini tidak sengaja terminum anak-anak. Hal tersebut akan menyebabkan keracunan nikotin.

Tidak ada bedanya antara rokok tembakau dengan vape. Keduanya sama-sama membahayakan bagi kesehatan tubuh. Pernyataan bahwa bahaya vaping lebih ringan daripada rokok konvensional adalah pernyataan yang kurang tepat. Adanya berbagai kandungan zat yang terdapat dalam vape menyebabkannya dinilai hampir sama bahaya dengan rokok tembakau.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *