Serba-serbi Ekspor Barang ke Arab Saudi

  • Whatsapp
Serba-serbi-Ekspor-Barang-ke-Arab-Saudi
Foto dari Canva Pro

Sebagai negara dengan sumber daya alam melimpah, Indonesia turut meningkatkan kualitas produk ekspor agar diminati negara-negara lain di dunia. Tidak hanya negara di kawasan Asia Tenggara saja, Arab Saudi yang berada di kawasan Timur Tengah memiliki beberapa permintaan impor tinggi pada beberapa komoditi Indonesia. Anda yang ingin melakukan ekspansi bisnis, wajib melihat peluang ekspor produk Indonesia ke Arab Saudi, termasuk mengetahui ongkir ke Arab Saudi mulai yang termurah hingga kelas premium yang lebih cepat.

4 Hal Ekspor RI ke Arab Saudi Sebagai Referensi

Sebelum Anda mulai melakukan ekspansi bisnis ke negara ini, ketahui beberapa hal tentang serba-serbi ekspor Indonesia ke Arab Saudi yaitu :

Read More

1. Kenali komoditi unggulan Indonesia

Ada beberapa komoditi yang menunjukkan permintaan Arab Saudi terus meningkat pada tahun 2019 lalu yang mencakup produk otomotif, olahan ikan, minyak sawit dan turunannya, produk kayu, karet, serta kertas. Nilai ekspor Indonesia meningkat hingga menghasilkan total USD 1,5 miliar pada tahun yang sama, lho!

2. Besaran kenaikan bea cukai

Arab Saudi telah menentukan kenaikan bea cukai yang harus dibayar pada tahun 2020 lalu pada beberapa produk senilai 0,5 sampai 15 persen. Meskipun demikian, Arab Saudi memberikan kebijakan tidak ada kenaikan bea cukai untuk produk yang meningkatkan imunitas tubuh pada masa pandemi ini seperti sayuran, beras, makanan laut, buah segar, dan lain-lain. Kebijakan ekspor produk segar harus tetap memenuhi aturan Kerajaan Arab Saudi yang berlaku, ya!

3. Alasan kenaikan bea cukai

Jika pelanggan Anda komplain dengan adanya tambahan biaya karena pemberian pajak dan bea cukai pada paket, Anda harus tahu bahwa kebijakan telah ditetapkan pemerintah Arab Saudi. Hal ini dikarenakan penurunan harga minyak dunia yang sebabkan pendapatan negara dengan ibukota Riyadh tersebut mengalami penurunan signifikan.

4. Potensi bisnis dengan produk yang unik dan laris

Selain beberapa produk unggulan, Anda bisa mencoba bisnis yang menawarkan penghasilan menggiurkan dari bisnis pengiriman kemenyan. Arab Saudi menunjukkan minat tinggi pada produk kemenyan asal RI, lho! Hal ini berdasarkan data yang didapatkan dari pameran dagang Indonesia di Jeddah International Trade Fair pada tahun 2019 lalu.

Serba-serbi mengenai peluang pengiriman paket ke Arab Saudi bisa menjadi bahan referensi Anda yang ingin ekspansi bisnis. Perhatikan produk unggul yang punya potensi besar laris manis di Arab Saudi dan manfaatkan peluang promosi yang ada di era digital ini. Ongkir ke Arab Saudi memang ratusan ribu rupiah belum termasuk bayar pajak dan bea cukai yang dibebankan pada penerima, tapi pelanggan yang menjadi target pasar Anda tidak akan keberatan sesuai kualitas barang yang dikirim. Anda tidak ingin mencoba menjadi salah satu eksportir Indonesia?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *